Jumat, 15 September 2017

Catatan 6 Semester di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung


Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Politeknik??? D3?? D4?? 3 tahun?? 4 tahun??  Apaan sih?? yah nggak S1?  jadi cadangan ajalah  jika nggak lulus S1 di universitas.
Nah itu pandangan pertama bagi yang nggak tau dan underestimate  lulusan diploma. Terutama dengan kampus kecil bernama POLMAN BANDUNG yang sekarang tidak sesohor saat awal didirikan.
Bagi teman-teman yang sekarang dikelas 3 SMA/sederajat yang sedang mencari kampus mana yang akan dituju dan kebetulan tau dari kakak kelas,sodara atau media dan penasaran dengan kampus kecil ini, nah di blog ini saya akan menceritakan semua hal yang saya tau, saya rasakan, saya lihat, apa saja yang telah saya lakukan, dapatkan disini dari awal pendaftaran - lulus - kerja - berjodoh dengan teman sekelas sendiri sampai sekarang hidup di  Negeri Sakura dengan suami tercinta.

ASUMSI AWAL DAN PANDANGAN PERTAMA

1. Kebanyakan pasti akan ragu karna akan lulus sebagai D3.( Alhamdulillah sekarang POLMAN udah banyak D4)
2. Ini mah bukan kampus tapi pabrik,mesinnya banyaak.
3. Pekerjanya keren-keren. (Mahasiswa)
4. Sepatunya baguus  
5. Sepi ... 
6. Polman itu yang di Ciwaruga yaa,, ??
7. Kuliah dimana neng? Polman Pak.. 
    Ooo Pol-Ban ya?
    Bukan pak, pakai M
    Pol-BaM ??    
    Ya sudah lah,, Polwan pak -_-''

FAKTA 

1. Tau nggak lulusan dari Polman sangat banyak diminati perusahaan2 manufaktur  besar di Indonesia, bahkan setiap tahun kebutuhannya bisa mencapai 200% lebih dari lulusan yang ada. Nah di pekerjaannya nanti juga skill lulusan polman bahkan tak jarang mengungguli dari lulusan2 universitas lainnya. Lulusan Polman banyak dicari juga karna etos kerja yg tinggi,attitude,disiplin yang telah banyak di akui perusahaan2..
2. Bener juga sih disini emang terdapat bengkel2 manufaktur yang besar dan lengkap. Setiap hari bengkel manufaktur ini emang disibukkan dengan kegiatan2 manufaktur, seperti ngebubut,ngefrais,ngelas, moulding, presstool, dll. Nah karna disini lebih banyak waktu praktek dibanding teori jadi memang mahasiswanya lebih banyak sibuk di ruangan bengkel praktik setiap harinya.
3. Itu mah bukan pekerja, cuma mahasiswa yang lagi KULI-ah .. 
4. Seragam Polman emang terkenal keren, disini kita diberikan baju bengkel, safety shoes (tahan beban sampai 20 kg),kacamata safety, koin, jangka sorong, seperangkat alat2 yang berhungan dengan jurusannya.
5. Bukannya sepi, tapi karna jadwal kuliahnya dari jam 7 pagi sampai jam 3.20 sore setiap hari jadi kita benar2 disibukkan . Bisa keluar itu cuma saat jam istirahat. jam 9 dan 11.40. 
6. Nah yang ini nih yang sering bikin nggak enak di dengar. Ciwaruga itu Polban bukan Polman. Polman berada di daerah Dago lebih deket ke ITB dari pada Polban. Mungkin karna dulu Polman bernama PMS-ITB (Politeknik Mekanik Swiss-ITB) hasil kerjasama pemerintah Swiss dengan Indonesia. Namun semenjak nama nya ditukar dari PMS ITB menjadi Polman pamornya menjadi turun.

CERITA PRIBADI TENTANG POLMAN

Perkenalkan dulu saya Nadiya asal Bukittinggi Sumatra Barat, masuk ke Polman tahun 2014 di jurusan Teknik Perancangan , Prodi Teknik Perancangan Perkakas Presisi (D3) 2014-2017 dan Prodi Teknologi Rekayasa Manufaktur D4 (2017-2019). Pertama kali mengenal Polman melalui kakak kelas, kebetulan ternyata memang  siswa-siswa dari Bukittinggi tiap tahunnya banyak diterima di Politeknik ini. Saya mencoba mendaftar lewat jalur undangan, dengan 2 tahapan tes, tahapan seleksi rafor dan yang kedua seleksi skolastik beserta kesehatan. Pada tahun itu masih belum ada seleksi wawancara, jadi tes wawancara baru dimulai tahun 2015.

Tiap tahunnya Polman memang menerima mahasiswa dengan jumlah yang bisa dibilang sangat sedikit dibanding dengan universitas lainnya, yaitu berkisar 300-400 orang tiap tahunnya. Dan itu pula kenapa Polman walaupun Politeknik pertama di Indonesia, namun tidak terlalu buming dikarenakan memang mahasiswanya yang sedikit. 
Sebanyak 50 % mahasiswa di terima lewat jalur undangan dan sisanya diterima melalui jalur ujian tulis. Ujian masuknya sama dengan universitas lain, dimana diharuskan membayar uang ujian masuk. Biasanya ujiannya di adakan di SMAN 1 Bandung, dan di kampus Polman ini sendiri. Sama seperti jalur undangan, ujian tulis memiliki 2 tahapan, ujian tulis dan kesehatan beserta wawancara.
Okey, mungkin kalau bagaimana proses lengkapnya dan bagaimananya teman-teman nanti bisa lihat web polman resmi https://polman-bandung.ac.id/ . Btw Nadiya punya contoh soal2 lama, kalau minat DM di Instagram aja ya, nama akunnya nanti ada di bagian terakhir hehe.

AWAL MASUK 
Sebelum kalian mulai belajar, pastinya kalian akan disibukkan dulu dengan bolak-balik ke Polman. Ya kalau temen-temen niat pasti ada jalannya kok, kalaupun nggk ada biaya buat ke Bandung , apalagi yang berasal dari daerah yang jauh seperti saya . Intinya usaha dan berdoa. Oya sekedar info, bagi temen-temen Bukittingi atau orang Minangkabau, insyalah tiap tahunnya kakak kelas anak Minang bersedia membantu jika nggk punya tempat tinggal sementara selama proses tahapan masuk Polman. Kalau udah diterima nanti akan dibantu nyariin kos-kosan buat teman-teman. Tapi tenang aja guys,, disini banyaaaak banget  kos2an, dari yang murah sampai yang mewah,, tinggal dipilih.
Untuk yang bidikmisi udah enak lah, ada asrama putri khusus putri bayarnya cuma 100rb (tahun 2019) perbulan. Buat putra belum ada , soalnya hampir 70%an anak Polman itu cow. Kalau cew kan dikit, jadi asramanya baru ada buat  yang cew.
Nah setelah tempat tinggal aman, selanjutnya kalian akan disibukkan dengan persiapan OSPEK atau di Polman lebih dikenal dengan MP3(Masa Pengenalan dan Pembekalan Perkuliahan ). Ini hal yang harus kalian persiapkan banget dengan semaksimal mungkin, asli. Kalian wajib lulus MP3 ini, kalo nggak ya nggak bisa dapat ijazah nanti pas mau wisuda. MP3 adalah yang akan selalu di kangenin namun nggk mau di ulang lagi. Kenapa Why?
MP3 itu cuma seminggu  sih tapiiii... tapi ya namanya juga ospek kan, asli berat pisaaaan. Seminggu itu  mungkin hanya ada beberapa jam buat tidur. Namun tenang, nggak ada bulliying sama sekali kok, cuma penerapan esensi dari kegiatan yang dititik beratkan pada tugas – tugas yang begitu banyak , syarat-syarat yang rumit dan banyak hal lain juga. 
Nih dibeberin dikit, yang pastinya pakaian harus sesuai yang diminta sama panitia, peralatan2, laporan harian yang harus ditulis tangan, font ISO MIRING 15* , tinggi 7mm dan 5 mm, Polman banget lah. Tugas-tugas kelompok, dan banyak lagi yang lain. Namun jangan khawatir akan ada SuperVisor yang akan mendampingi kalian, mereka baik-baik semua (“wkwk”) .
Setelah itu bakal ada 3 hari camping bareng Binjas atau tentara, yaa latihan fisik lah.
Capek banget tapi nanti semuanya akan terbayar saat penutupan MP3, Suprise bangeeet. Intinya panitia itu baik dan bertanggung  jawab, sangat perhatian sama adik-adiknya.
Jangan salah lo, anak Polman itu sebelum masuk aja udah di stalking sama kakak2 kelasnya. Bayangkan betapa carenya.(Modus) . Ctt : Buat cew siap-siap aja, bakal banyak yang ngincar kalian, apalagi kalau yang bening-bening, kalian belum masuk aja  udah banyak yang ngincar kalian. Ya begitulah , efek kebanyakan cow. Jadi, mulai dari sekarang tutuplah aurat kalian, jangan tabarruj juga, sehingga menjaukan fitnah pada diri kalian, aassiik .(Dakwah selingan,, J)

NEXT . Kuliah disini beda dengan yg lain ya.. Masuk jam 6.50 -15.20, dari senin- jumat (itu belum masuk respon atau lembur, bisa lewat dari itu.) 2 minggu Praktek, 1 munggu teori. Bakal gitu terus sampai tamat. Jadi ya kalian jad lebih mahir di prakteknya dari teori.
Nah kebetulan karna saya sendiri masuk jurusan Teknik perancangan, ada beberapa alat-alat yang diberikan oleh polman berkaitan dengan jurusan. Ada seperangkat alat gambar (pensil penghapus, penggaris, mal lingkaran, mal penghapus, selotip, lap gambar) terus ada juga barang-barang yang emang semua jurusan dapat, seperti baju bengkel, safetyshoes, Jangka sorong yang udah ada grafir nomor nim masing-masing, kacamata safety, modul2 kalkulator dan lainnya. oya note: tiap praktek udah dapet modul dan nggk usah bayar lagi, itu udah include dari biaya kuliah.



Nim di Jangka Sorong Masing-Masing

Sepatu Safety

Untuk jurusan lain itu lebih beragam lagi,  ya tergantung jurusannya, yang AE  itu seputar alat kelistrikan, ME alat perbengkelan, FE ya seputar alat2 bantu pengecoran.

Info penting nih, selama kalian di polman kalian akan punya yang namanya keluarga,selain keluarga kelas dan jurusan ada juga namanya  keluarga KOIN. Yaitu adik atau kakak kelas dengan nim sama. Jangan lupa minta file dan laporan kakak koin, ngebantu bangetlah dalam perkuliahan.
Penampakan Koin 14 Jurusan Design Engineering dan hadiah DIY sebelum di bingkai buat kakak koin yg baru lulus :), adek koin wajib ngasih hadiah saat kelulusan.


UANG KULIAH : itu masing-masing jurusan berbeda, berada pada rentang Rp.0 untuk yg beasiswa - sekitar Rp.10jt persemester. Uang kuliah perguruan tinggi negeri ditentukan dari sistem UKT(Uang Kuliah Tunggal) dimana ini diliat dari penghasilan orang tua,keadaan rumah,kendaraan pribadi sampai tagihan listrik dan air. Kebetulan waktu itu karna orang tua PNS masih ngontrak rumah, watt rumah masih 450, air mengalir deras dari mata air pegunungan Singgalang yang hanya bayar iuran Rp.5000/bulan Alhamdulillah dapat UKT  Rp.500.000 per semester dan plus di semester kedua Alhamdulillah dapat Beasiswa Swasta yang bahkan lebih banyak dari beban UKT dari PT. Daya Adicipta Mulia Rp.500.000 per bulan selama 2 tahun. 
Dulu itu tahun 2014-2018an wajib bayar uang masuk dulu di semester awal sekitar 7jt-10jt karna belum proses UKT, setelah UKT keluar maka di semester 2 jika UKT ternyata lebih sedikit dari uang awal sisanya akan ditransfer ke rekening mahasiswa. 
Contoh: jurusan Design waktu itu saya wajib bayar 8jt, UKT keluar di semester kedua, ditentukan bahwa saya terkena biaya 500rb per semester, maka di semester kedua ditransfer kerekening saya sebanyak (8jt uang awal - 500rb untuk semster 1 - 500rb untuk semester 2 = 7jt)
nah jika dihitung untuk tamat D3 saya hanya membutuhkan biaya kuliah sebanyak 3jt untuk 3 tahun, .  Ada beberapa tambahan biaya sekitar 150rban ribuan yang saya lupa untuk apa , selebihnya tidak ada lagi pungutan apapun, termasuk uang ujian, uang wisuda, udah include saat itu. Ya paling kalau iuran pun biasanya untuk kegiatan himpunan dan mahasiswa atau organisasi yang diadakan oleh mahasiswa sendiri. Untuk yang kegiatan dari kampus sama sekali tidak ada tambahan biaya.
Dan untuk D4 agak sedikit berbeda, UKT  saya sebenarnya hanya 500rb per semester, namun jika belum lulus selama setahun maka uang kuliah akan diratakan 1jt/pertahun untuk ekstensi berapapun UKT nya, baik beasiswa yg nggk bayar sampe yang paling mahal 8jtan pertahunnya bayar 1jt sampai lulu. karna saya lulusnya 2 tahun jadi total bayar D4 = (ukt 2 semseter (500rbx2) + 1jt esktensi untuk 1 tahun = 2 jt)
Jadi total uang kuliah saya selama 5 tahun adalah (D3= 3jt) + (D4= 2jt ) + (150rb persemester x 10 semester) = Total 6.5 Juta :)

Tadikan kampus ngembaliin uang kuliah awal sebanyak 7jt, jadi kalo rekening mahasiswanya nggk dijajanin orang tua bisa nggk bayar uang kuliah lagi selama 5 tahun, bahkan ada sisa , apalagi kalo ada uang beasiswa yang masuk. Bisa bantu banget kehidupan selama kuliah 


KEGIATAN PERKULIAHAN

Semester 1 :
Semester dimana banyak hal keren yang akan kalian temui, apalagi yang berasal dari SMA,  yaa buat anak SMK udah biasa lah. Awal praktek di bengkel pasti akan merasa excited, mesin-mesin produksi yang sangat terawat menjadi tantangan dan mainan baru yang bikin kalian kebanyakan akan ngepose di sosmed masing-masing. Mesin bubut dengan bramnya yang panjang-panjang, mesin bore yang bore tatalnya so perih kena kulit, gerinda berapi yang bikin ngantuk, praktek ngelas yang bikin kerudung bolong-bolong + hidung hitam , heatreatment sulap api dan main celup2 , pola cor perdempulan  yang bisa  bikin mainan kayu sepuasnya, dan yg terutama bagi anak jurusan design adalah gambar teknik di lab, praktek paling bahaya di polman bandung (wkwk), dimana masih diharuskan memakai sepatu safety biar bram penghapus dan pensil tidak melukai kalian,,(hehe). Tapi emang biasanya praktek gambar teknik yang paling ditakuti, haha apalagi pelajaran daya bayang,, semangat!!!
Nah selain kuliah masih ada kegiatan wajib nih ,, itu berbeda tiap himpunan jurusan masing-masing. Apakah gerangaann?? Yaak itu lah dia Osjuurr,, ospek jurusan. Esensi dan didikannya mantap lah, satu salah semua akan salah, satu benar yang lain salah ya berarti salah semua, intinya semua harus benar,nggk ada yang paling hebat,pinter,ganteng,cantik, semua sama.  Hoho.,, Kegiatannya yaa itu secret masing masing jurusan .. J Oya semua bakal botak item, dekil,, hoho

Keluarga Koin 13-16 de 14


                                       
Keluarga DE14

 Ini teh sv 6 Osjur

 DE14 Puncak Osjur di Lembang

Semester 2 :
Yaps, semester ini kalian akan sudah terbiasa dan terpaksa pasrah dengan rutinitas serta disiplinnya, semester yang mana lagi berapi-apinya semangat organisasi dan lomba2, baik itu ukm, himpunan, bem, organisasi eksternal dan lainnya. Ya masing-masing organisasi tentunya punya kegiatan yang nggak kalah sibuknya, ada yang diklat, pelantikan organisasi, rapat rapat rapat dan rapat,, semester rapat.. haha
                                    
 ini contoh ukm yang saya ikuti,, ukm seni budaya minangkabau.. J


 Ukm Keluarga Mahasiswa Islam Polman

BEM KM Polman Bandung 2016-2017

 FKMPI Jawa Barat  saat Gerakan Sosial Kemanusiaan di Baleendah

Mahasiswa Polman Lomba MTQMN XV di UI

Semester 3 :
Semester yang paling berat bagi anak design dan beberapa jurusan lainnya. Karna kegiatan2 di semester 1 dan 2 akan kalian tanggung semua. Jadi panitia ospek dan osjur, belum lagi kegiatan  di organisasinya masing-masing, praktek dan teori yang sudah mulai mendalam dan berat. Pergi pagi pulang malam, praktek kuliah yang bakal dilanjutin sampe malam (respon). Yaah,, nggk sedikit yang tumbang dan berguguran di semester ini. Bakal ada yang DO ataupun mengundurkan diri dari POLMAN, beberapa dari mereka ada yang memang tidak sanggup dengan rutinitasnya, ataupun mereka baru sadar bahwa passionnya bukanlah teknik. Ya banyak alasan lah,, tapi banyak pula yang bertahan walaupun tertatih tatih,, demi ortu dan keluarga. Tapi ya percaya aja tidak ada perjuangan yang sia2 kok . Haha jujur saja saya mungkin sudah beberpa kali menangis dan menyerah , namun yaa itulah kuatnya kekeluargaan di sini. Selemah apapun kamu, teman-teman kamu bakal bantu kamu sekuat yang mereka bisa, saling mengingatkan dan menguatkan, tak kenal dengan kata menjatuhkan. Nilai itu adalah sampingan,, satu bagus ,, harus bagus juga semua. Jika ada yang tertinggal pasti akan dipertanyakan, apakah kelas tersebut tidak kompak??. Ya maksdunya masih dalam artian positif lah,, tidak semerta merta saat ujian pada bekerja sama, tapi bagaimana mereka bekerja sama mempersiapkan diri dan teman-temannya sebelum menghadapi ujian ujian. Sekedar info, ketahuan menyontek bisa lansung kena DO.
                                            
 Kebersamaan DE14 menjadi panitia Osjur

                                     
    Rapat Everyday
    
Kegiatan lain saat instruktur praktek nggak ada ,, hoho

                                  
Hasil karya di bengkel pola Foundry
                                                 
 Ragum hasil kerja praktek di bengkel Mekanik

Semester 4 dan 5
:
Nah ,, bebaaaassss.. Semester yang paling ditunggu tunggu. Selain belajar kalian juga akan di gaji,, Nah itu dia Magang .. nanti bakal ada yang magang di dalam dan magang di luar. Yg di luar pasti akan di gaji, rata2 berkisar antara 800rb-4juta lebih perbulan, terhantung dimana tempat magangnya. Makin jauh biasanya makin gede, kecuali magang di jogja, nah yang dikalimantan lumayan lah.  Semester ini ajang ngumpulin duit,ada yang mau bantu orang tua, ada yang ngumpulin duit buat beli sesuatu yang dia inginkan,  ataupun yang mau pergi traveling disini waktunya. Tapi pengalamanlah yang paling keren, ya disini waktunya akan mengerti dengan dunia luar itu bagaimana, kerasnya dunia industri yang sebenarnya,,, J
Tapi hati-hati.. disemester ini kalian pasti akan di serang oleh penjuru kota. Dimana semuanya pasti bakal pada minta traktir dari gaji yang kalian dapatkan,,

    Ini lagi kerja kok,, asli .. wkwk

    Bimbingan Praktek Industri Tiap Semester


    Salah satu hasil Kerjaan

    Training Pneumatic
  
    Mereka lelah bung

   Bukan hanya praktek Industri,, praktek sholat jenazah juga ada (wkwk)


      Bulying Program,, wkwk


   

Uforia magang anak2 Siswa Latih Yamaha Music


                                   
Backpaker from Bandung to Yogyakarta-Bali-Lombok dengan anak2 Minang

Semester 6
Kembali lagi ke kampus yang tercinta, udahan  atuh  liburannya.. sekarang waktunya menjadi mahasiswa lagi, bukan pegawai. Nah  berkumpul  lagi  nih dengan teman-teman tercinta,  pastinya akan saling kepo dengan cerita magang masing-masing.
Ya semester akhirlah namanya, pelajaran yang beratnya memuncak, dan yang paling penting.. PA (Proyek Akhir).. haah sudahlah,, so pasti jadi beban sendiri itu mah, bener-bener harus berjuang.. Semua pelajaran ospek dan osjur akan terpakai disini. Saling ngingetin dan bantu aja satu sama lain. 



 Ngaliweut Bareng sebelum berpisah

Proyek Akhir



Wisuda  Design 2014
Naah, wisuda untuk anak Polman itu ada 2, ada wisuda siang atau yang formal, dan ada wisuda malam atau nonformal. Untuk wisuda malam itu seperti promnight lah, tapi tetep dosen-dosen di undang. Kadang pada acara ini adalah waktu yang tepat untuk mengungkapkan uneg-uneg ,, wkwk biasa lah dosen kadang ada yang baik, dan terlalu baik, haha
Yaa kayak vidio perpisahan nyanyi bareng dll juga ada, mirip acara perpisahan SMA lah.. daa ini toh juga sekolah,, haha

Wisuda Malam
                                       
Wisuda siang POLMAN
Heboh pisaaaaaan,, kayak tawuran,, antar jurusan adu yelyel dan semangat haha.. Biasa wisuda anak teknik mah gitu.


Seperjuangan dari SMA







Ya begitulah perkuliahan D3 di polman,, 3tahun yang sangat berarti bagi mahasiswanya. Cerita yang berarti dan tak pernah bisa dilupakan namun tak ingin di ulang.. haha
Oya sistem yang saya share ini masih pada kurikulum yang lama, nah untuk yang akan masuk kurikulumnya udah berbeda sekarang. Ada beberapa hal yang berbeda dari sistemnya, baik teori maupun praktek dan kebijakan kampus lainnya. Baiknya cek akun instagram Polman dan websitenya ya

(update 2020)
Baiklah karna nanggung jadi blog ini setelah hampir 2 tahun yang lalu tentu banyak pengalaman di polman lainnya yang igin saya bagi, walaupun melenceng dari judulnya yang 6 semester dimana itu khusus untuk D3, bagian ini saya tambahkan 4 semester lagi, 2 semester proses belajar D4 dan 2 semester lagi penyelesaian TA (Tugas Akhir).
Bagi temen-temen Polman angkatan 2015 keatas yang ingin melanjutkan pendidikan setingkat sarjana mempunyai beberapa pilihan.
1. Melanjutkan D4 Polman setelah wisuda D3 (angkatan setelah 2015, program D4 untuk beberapa jurusan dimulai dari semester 1, sehingga tidak perlu lulus D3 dulu)
2. Mendaftar S1 di Perguruan Tinggi lain, kebanyakan  PTN di ITS, kalau swasta  Pancasila, Unjani, Unpas, Widyatama, atau bisa melanjutkan di LN contohnya di National Chin-Yi University Of Technology Taiwan.
3. Kerja sambil kuliah di perguruan tinggi lain dengan jadwal karyawan, hal tersebut tidak bisa dilakukan jika ambil program D4 polman, karna jadwal kuliah normal Senin - Jumat.
4. Dari D4 nanti juga bisa melanjutkan S2, biasanya di UI, ITB, atau LN (Taiwan, Prancis). Biasanya bagi calon Dosen Polman mendapatkan beasiswa, tapi ada juga yang melanjutkan dengan biaya sendiri 

Nah jadi dari sekian pilihan yang paling praktis waktu itu ya nomor 1, dengan catatan kemungkinan lulus bisa antara 1-3 tahun , lulus tepat waktu 1 tahun untuk jurusan Design bisa dibilang lumayan sulit, angkatan saya tahun pertama hanya 11 orang dari 30, dan saya sendiri masuk ke tahun kedua yang bahkan dengan angkatan yang sama hanya lulus 6 orang, ditambah 3 angkatan baru .
Jadi lamanya penyelesaian bisa disebabkan beberapa faktor, 
1. Tema yang dipilih sulit dan perlu penelitian yang lama, apalagi jika alat yang didesign harus dibuat. Ada yang bikin mesin, produk, alat bantu, robot dll.
2. Tergoda dengan undangan pekerjaan, ya udah deh tahun depan aja selesain TA nya, toh udah ada ijazah D3 , bisa bantu-bantu buat nyelesain TA lah  biayanya  juga cukup besar . Kalau proyekan dosen sih lumayan aman lah.
3. Menikah. Kalo udah ada calon yang mau cepet-cepet serius mo gimana lagi kan, orang tua udah setuju juga, udah sama-sama suka. 

Dan lagi-lagi alasan nomor 1, judul yang saya pilih bahkan bisa dibilang penelitian untuk 3 orang, dengan hasil Karya Tulis tertebal se Polman raya. haha. Ditambah lagi diriku yang nggk pinter-pinter amat, mati-matian dah ngerjainnya. Bisa dibilang tahun itu tahun terberat dalam hidup, stress, ingin menghilang dari dunia sosial, kalau ada kumpul-kumpul nggk ikutan, rambut rontok parah, sampai kek rasanya kena kanker kehilangan banyak rambut, persiapan seminar saking stressnya mual mual . Udah dah itu setelah itu aku putuskan nggk mau lagi kuliah setelah lulus. Alay sih, tapi emang itu kenyataannya T.T

Kuliah D4 sebenernya lebih santai sih, kek PTN umunya, tapii tugasnya Ya Allah , begejimbum. Belum lagi materinya udah makin banyak dan detail. Tugasnya bukan lagi makalah atau bikin vidio-vidioan aja , tapi basis project. Untuk design waktu itu di berikan project buat sepeda roda tiga depan, yang bisa dibongkar pasang, dan bisa jadi troli. Mulai dari design, perhitungan mekanikanya, proses manufakturnya, dokumentasinya sampai jadi tuh sepeda. Daan banyak project lainnya. 

Yaa dan akhirnya dengan perasaan yang sangat lega, walaupun delay 1 tahun saya bisa lulus dengan hasil yang sesuai dengan usaha selama dua tahun itu. Penguji di akhir sidang bilang begini : 
" dengan ini kami menyatakan......... (diam beberapa detik) anda tidak tidak lulusnya".
Sejenak aku mikir donk, karna ibu aku kebetulan sering becanda dengan kalimat yang sama, aku akhirnya ngerti, jadi maksudnya " ANDA LULUS!!!" Huaaa , seneng banget sumpaah, akhirnya perjuangan yang panjang ini bisa selesai juga, walaupun revisian setebal jidat menunggu. Nggak lupa lah aku lansung berterima kasih sebanyak-banyak nya ke pembina dan penguji. Setelah mereka keluar ruangan aku nangis donk sejadi-jadinya. Sampe-sampe aku dikira nggak lulus sama temen-temen karna nangisnya parah. 
Curhat dikit nih, jadi sebelum sidang aku udah pasrah, mau lulus apa kagak ya udah lah. Karna malamnya udah coba latihan presentasi, tapi bener-bener blank, gugup, nggk lancar. Udah puluhan kali ulang kalimat yang sama nggk bisa-bisa. Eh ternyata Alhamdulillah pas sidang lancaar aabiiis, tanpa gugup, semua pertanyaan lancar sesuai yang diperkirakan. Bener cuy, ridho Allah itu ridhonya orang tua, dan doa orang tua tu adalah doa yang paling ampuh. Ternyataa selama aku sidang, bahkan sebelumnya ibu aku udah di atas sajadah meminta pertolongan dari sang Pencipta dengan segenap jiwa, bahkan tetangga ku pun ikut juga. 😭
 
 Ya kek D3 juga portofolio hasil penelitian TA akan dipajang di lorong jurusan,yeeeey

 
Ini juga aku lampirin hasil TA temen ku, dimana TA nya ini termasuk yang terkeren sih, bikin robot cuuy, dia kolaborasi sama jurusan lain, ya kali mana tau anak Polman yang baca blog ini ada yang berminat bikin ini rancangan ini juga.
Beberapa juga ada yang bikin mesin, contohnya mesin penghancur sabuk kelapa, ada yang optimasi material buat 3D printing, ada yang bikin konveyor, ada yang bikin optimasi Carabiners sampai bikin moldingnya donk, dan banyaaak rancangan dan mesin keren lainnya,
 
Ya udah deh tuh untuk kedua kalinya wisuda lagiii, nah jadi ada yang berbeda dengan wisuda kali ini. Dulu wisudanya di polman, dari tahun 2018 akhirnya di pindah ke Sabuga ITB.


Nah mari kita lanjutkan dengan PEKERJAAN
Setelah lulus anak POLMAN jadi apa sih??
Karna namanya juga politeknik manufaktur, jadi otomatis rata-rata lulusannya berkutik dibidang industri manufaktur,  anak design rata-rata menjadi design engineer, anak mekanik dibidang prosesnya manufaktur atau maintenance, anak mekatron di bidang programming dan elektro, anak foundry dibidang pengecoran, tapi ya dilapangan tentunya akan banyak juga yang melenceng. 
Contohnya nih, kalau yang keren-keren ada yang jadi dosen Polman, ada yang kerja di Pertambangan ke Kalimantan, ada yang ke BUMN kek Pertamina atau Pindad, ada yang perminyakan contohnya Schlumberger, yang paling banyak sih ke Jepang, biasanya mereka ikut program pelatihan selama beberapa bulan lalu dikirim ke Jepang buat kerja disana, atau dapat pelatihan ke Jepang dari perusahaannya yang di Indo.
Ya karna saya termasuk yang biasa-biasa aja ya dapat kerjanya ya biasa biasa aja,setidaknya masih di perdesignan yang penting udah kerja lah ya, walaupun nganggur 6 bulan karna kekeuh dulu pengen pulang dan berpetualang  karna udah 3 tahun nggk pulang, trus ikutan pesantren dan belajar bahasa ke Kampung Inggris Pare daaan Corona.

UPDATE 2023
Sebenernya saat terakhir update 2020 udah nggk niat lagi lanjutin cerita, toh udah lulus dari Polman, tapi ternyataa hal yang tak terduga terjadi di 2022, yang mana masih ada hubungannya dengan Polman, apakah ituu? yaak betuul... meniqaaah >.< . ini beneer bener cerita cinta dalam diam. Sangat tidak disangka-sangka, sampe satu angkatan hampir tidak percaya.
Btw masih ingat nggk sebelumnya saya ngeshare salah satu portofolio Tugas Akhir temen saya tentang Robot, naah ituu diaaa sebut saja mas F alhamdulillah bukan temen lagi tapi udah jadi suami .hihi

Fun fact nya kita nggk deket sama sekali bahkan sampai 2bulan sebelum menikah, ngobrol aja itu mungkin bisa dihitung jari, selama 3 tahun D3 walau satu jurusan tapi berbeda prodi, mas F di prodi DEB dan saya DEA. Namun karna D4 kita ditakdirkan 1 kelas selama setahun. 

Kita berdua sangatlah berbeda, mas F anaknya rajin, baik, pendiem, kalem, juara kelas, bukan wibu, selalu duduk didepan, TIDAK PERNAH TELAT, bahkan mendapatkan penghargaan saat wisuda karna selama kuliah tidak pernah absen,telat,maupun izin. dan ganteng pula yaampun, 
naah nadiya iniii sudah bisa ditebak, anaknya yaa, duduk dibelakang, wibu, tiap semester selalu dapat surat cinta dari jurusan karna harus menjalani hukuman akan keterlambatan2. TIAP SEMESTER hehe. kalo ada penghargaan mahasiswa yang selalu telat itu pasti saya dapatkan, bahkan dosen melabeli nadiya ini dengan Queen Of Later, (sd smp sma pun juga saya dapatkan hoho), nggk tau kenapa malah bangga wkwk, tapi gitugitu juga dapat beasiswa dan beberapa semester alhamdulillah juara hehe.
serius dalam hati ngefans banget, sampai sampai aku nggk mau deket-deket dan nggk mau sering ngobrol  karna jaim, saat itu mikir orang kek gitu nggk mungkin tertarik sama aku yang pecicilan gini deh, makanya dari awal udah hopeless dan tidak menaruh harapan apa-apa walupun ngefans berat. 

Trus mari kita lanjuut, tahun 2018 mas F lulus D4 dan lansung diterima disebuah LPK gitu untuk diberikan pelatihan bahasa jepang selama 5 bulan dan di tahun 2019 lansung berangkat dan bekerja diperusahaan Jepang sebagai engineer, saking pinternya 5 bulan doank lulus N3 dan tahun berikutnya lulus N2. Yang mana biasanya anak2 jurusan bahasa jepangpun lulus N3 setelah bertahun tahun.
Aku sendiri karna tugas akhir yg tertebal itu baru lulus ditahun 2019 oktober , pulang selama sebulan dan ikut karantina pesantren tahfidz selama 2 bulan, lalu belajar dan mengajar dikampung inggris Pare sampai awal corona april 2020,lalu balik ke bukittinggi selama pandemi. Juli 2020 tepat dihari pertama bandara dibuka kembali, saya berangkat ke Bogor dan bekerja disalah satu perusahan produksi Trafo sebagai design engineer, tepat setahun kemudian di Juli 2021 saya resign karna merasa tidak cocok dengan perusahannya dan diteri sebagai design engineer lagi diperusahaan project alumunium furnace , peleburan alumunium untuk part2 otomotif . Saya pikir saya akan bekerja lebih lama diperusahaan ini karna sangat nyaman dengan pekerjaan dan lingkungannya, sampaiii hal tak terduga terjadi.

Di tanggal 13 nov 2022, saat sedang mencari paket shopee di tumpukan paket-paket penghuni kosan lainnya, terlihat sebuah paket cerah dengan kertas kado berwarna emas. dalam hati mikir yaampun ini paket alay banget pake kertas warna emas, mencolok sekali, pasti ini isinya penting banget. kemudian aku lanjutkan mencari paket shopee tadi,sama sekali nggk kepikiran untuk melihat penerima paket tersebut karna mikirnya paket shopee nggk mungkin gitu, setelah puluhan paket disortir kecuali paket emas tadi saya nggk nemu yang saya cari. karna udah putus asa akhirnya iseng liat penerima paket emas, dan ternytaaa eeeh kepada nadiyaa, apaa? nggak mungkin, paket aku kan kecil nggk sebesar ini, tertulis juga besar besar DARI MIRNA. ALAMAT JAKARTA PUSAT, ha? siapa mirna? dari jakarta? nggk satupun orang yang saya kenal namanya mirna dan bertempat tinggal dijakarta.
akhirnya saya bawalah paket itu ke kosan dengan rasa penasaran yg sangat sangaat, siapa mirna? apa isi kotak iniii? paket shopee kemana ?
dan tebak, dengan perlahan lahan setelah bungkusan emas tadi dibuka ternyata masih ada bungkusan lagi bergambar sepasang karakter dengan nama pengirim yang berbeda, label pengiriman itu pun berbahasa jepang dan dibagian nama bertuliskan dengan tulisan romawi : 
H----- F---- (disamarkan yak) 
apaaa, ini serius? ini buat apa? apa F jauh2 ngirim paket ini dari jepang menggunakan hand carry? 
okeey paket itu akhirnya saya buka total, didalamnya terdapat beberapa alat lukis,cat warna,pencil warna, pulpen dan kuas2 daaan 1gulung surat berpita merah. yammpun ini semua adalah alat2 gambar wishlist, yg biasanya kalo di stationery shop cuma bisa megang2 doank. dan setelah dibuka surat tadi, didalamnya terdapat 2 halaman full tulis tangan font ISO tegak sangat rapi dengan halaman cover bertuliskan, tolong dibaca saat nadiya lagi sendiri dan dalam keadaan tenang yaa. okee beberapa menit saya coba tenangkan diri dan isinya sangat mengejutkan, intinya F mengungkapkan perasaannya yang telah lama ia pendam, dan dia pikir saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengungkapkannya, " Apakah nadiya mau menua bersama denganku hingga akhir hayat mempertemukan kita? "
aaak tidaaak , inii terlalu romantiis, dan mengejutkaan, jadi selama ini aku nggk bertepuk sebelah tangan, padahal kita hanya sesekali ngobrol , ya kadang2 saling balas ig story yg itupun sangat sangat biasa  dan sekadarnya seperti teman-teman lainnya. Ya Allah apakah ini sungguhan,?
dan benar itu semua nyata
di tanggal 14 Januari 2023 atau 2 bulan kemudian kita resmi meniqah, dan akhirnya saya resign dari kerjaan dibulan desember 2022 dan ikut bersamnya sampai sekarang di Jepang.
niqaaah
jalan-jalan pertama ke meiji jinggu tokyo

first anniversary di Odaiba liberty statue



sebenernya cerita aslinya lebih drama dari itu, banyak hal2 yg kalo saya ceritakan bisa jadi sebuah novel cinta. mulai dari adanya patah hati dengan seseorang yg sudah berkomunikasi selama 2 tahun krna perbedaan jalan hidup, cinta pertama yang tidak memberikan kejelasan sampai akhirnya harus memilih di antara 3 orang dalam waktu bersamaan, setelah memilih ternyata  sahabat mas F juga menyatakan perasaannya ke aku yang mana mereka tidak saling tahu, saat itu kondisi sebulan akan menikah dan belum dipublikasikan kepada siapapun kecuali keluarga. daaan belibet sekali pokoknya.
Tapi yang penting alhamdulillah semuanya sudah bahagia dengan pasangan dan dijalan masing.
setelah menikahpun alhamdulillah tidak menyesal sama sekali karna mas F sangat baik sebagai seorang suami, bahkan makin ngefans walaupun udah nikah, jantung selalu deg degan seperti selalu  jatuh cinta walau udah ketemu tiap hari. Doakan kami selalu bahagia dan bersama hingga tua dan di akhirat nanti yaa, saya doakan juga semoga teman2 bertemu dengan kampus yg tepat bagi yg masih sma dan jodoh yang terbaik. Aaamiiin :)



Nah begitu lah guuys.. masih banyak sebenarnya cerita dan pengalaman yang belum saya sampaikan diblog ini. Jadi kalau ada yang mau tanya-tanya silahkan koment lansung disini atau dm aja di ig saya ,, Nadiya yeza eka putri,, Cuma satu nama yang kayak gitu kok.
Ok begitulah, terimaksih yang udah baca,  semoga bermanfaat dan membuka wawasan ttg kampus saya ini, nuhuns ..Kurang lebih mohon maaf.. Assalamuailaikum  :)








64 komentar:

  1. Assalamualaikum mau tanya kalau program d4nya itu khusus untuk lanjutan dari d3 atau dari sma pun kalau mau daftar langsung progran d4 bisa? Makasih infonya

    BalasHapus
  2. untuk d4 itu bisa lanjutan dri d3 malahah dri kampus lain.. namun kbarnya untuk lanjutan dri d3 ke d4 itu hanya ada smpai thun depan, untuk berikutnya akan cuma ada d4 murni

    BalasHapus
  3. Kak jurusan terbaik di Polman apaya hehe yang bisa terpakai oleh perusahaan manufaktur maupun oil dan gas, butuh infonya
    Terima kasih kak

    BalasHapus
  4. jurusan apapun bisa.. yg terbaik itu adalah passion dam kemampuan

    BalasHapus
  5. Kalo kuliah di POLMAN sambil nyantri, bakal keteter ga yah salah satunya?

    and btw, Kalo di sana rambut boleh panjang, ga? kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. yg nyantri juga ada. . bisa aj sih kalo kamu emng sungguh2.. lagian bbrapa ad juga yg nyantri deket kmpus polman.. rambut panjang tidak diperbolehkan, krna dapat mmbahayakan saat kegiatan praktek

      Hapus
    3. tapi kak, kok di salah satu fotonya ada yg rambut panjang ya??

      Hapus
    4. Karena author jurusan design jadi tahun 3 itu jarang praktik di bengkel manufaktur. Jadi ada beberapa yang rambutnya panjang,.

      Hapus
  6. dan... katanya pas lebaran idul fitri anak2 POLMAN belum pada pulang kampung karena kegiatan kampus. benarkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa saya 2kali lebaran nggk pulang.. tapi tergantung posisi kmpung n budget sendiri2 jg.

      Hapus
  7. Anak sy th depan pengennya masuk dipolman kebetulan sek masih SMK,sdh kls12 apa sj yg harus disiapkan, utk kos yg biasa sj anggaran ya brp, trims mbk wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. persiapan pendaftaran(file2 pendaftaran), kalau kosan itu rata2 800 keatas perbulan lebih murah kalau ngontrak bareng2. kalau biaya hidup itu relatif terganrung kebutuhan pribadi bagaimana

      Hapus
  8. Kak kalo jurusan pemeliharaan mesin susah gak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua jurusan itu susah2 mudah, tergantung passion bakat dan niat

      Hapus
  9. Kak bocoran biaya nya berapa per smester nya ... Mhon bocoran nya , klo bisa mh kak minta no tlp nya , skdar untk brtanya tanya lngsung , 082316696301

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya univ negeri itu ukt, tergantung kemampuan ortu, dari level 1 500k sampai max 9jt, kalo bidikmisi gratis

      Hapus
  10. Semoga tahun ini 2019 nesa bisa kuliah di Polman ,amiin

    BalasHapus
  11. Prospek kerja semua jurusan gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jurusan Design angkatan author sih yang udah lulus, sudah bekerja semua ,.
      Kalau untuk jurusan lain kurang tau.
      Tapi setau saya banyak perusahaan yang menginginkan lulusan dari polman.,

      Hapus
  12. Kak, yang ngebedain Polman Bandung sama Politeknik Negeri Bandung apasih? Say bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Polman politeknik pertama di Indonesia, sudah di kenal di industri dan banyak alumni yang sudah tersebar di banyak perusahaan. Sistem kuliah Polman 2 minggu praktek 1 minggu teori

      Hapus
  13. Polman politeknik pertama di Indonesia, sudah di kenal di industri dan banyak alumni yang sudah tersebar di banyak perusahaan. Sistem kuliah Polman 2 minggu praktek 1 minggu teori

    BalasHapus
  14. Izin ka sekarang saya lagi ngejalanin test tahap 2, dari test ini ada Wawancara, Olahraga, dan Skolastik. Nah saya mau bertanya ka dari ke tiga Test tersebut yang paling harus diperhatikan itu apa ya ka ? Soalnya disaat test wawancara ketika saya ditanya tentang nilai akademik, saya jawab apa adanya kalau bagus yaa bagus kalau jelek ya jelek ka, mohon jawabannya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak,boleh kasih bocoran dikit ga pas wawancara itu apa aja yg ditanya?

      Hapus
  15. Assalamualaikum ka, saya mau nanya saya lulusan SMK tahun 2019 ,tapi saya sedang bekerja dulu di perusahaan, rencananya tahun depannya saya mau kuliah, apakah tahun depan saya masih bisa ikut seleksi di polman bandung? Kebutalan saya waktu SMK masuk jurusan Design Engineering, jadi saya punya keinginan untuk melanjutkan nya ka.. sekian dan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya bisa.,., soalnya di angkatan saya juga ada yang mendaftar setelah 1 tahun dari tahun lulus SMK.

      Hapus
  16. Mba,masuk ke POlman Bandung bisa lewat jalur bidik misi ya,,ini sama dengan PMDK nya ya,

    BalasHapus
  17. Kak mau tanya hal yang paling berat buat kakak selama berkuliah di polman apa?

    BalasHapus
  18. Kak untuk D3 itu berapa tahun ya?
    Kebetulan saya lulusan gahin sekarang rencananya ingin melakukannya ke polban

    BalasHapus
    Balasan
    1. D3 itu normalnya lulus 3 tahun,.
      dan ini blog untuk POLMAN Bandung.

      Hapus
  19. Dan untuk biaya pertama itu berpab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini biaya apa ya??
      biaya semester?
      itu tergantung dari kondisi keuangan ortu sih.
      normalnya 7~9 jt

      Hapus
  20. Ka mau nanya dong, apakah dijurusan design juga diajarin gambar manga ?

    BalasHapus
  21. Kak mau tanya, kalau di POLMAN bagaimana pergaulannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yg saya rasakan alhamdulillah bagus sekali, tapi kalo pergaulan dimanapun berada itu tergantung temen yg bagaimna yg kita cari, sekalipun ditempat terburuk, klo tmen2 baik insyaallah dapat temen yg baik juga

      Hapus
  22. Kak mau tanya ukt semesternya apakah betul 7~9jt? Jadi selama kuliah misal 7×6semester= 42juta gitu kah ka?

    BalasHapus
  23. Ka itu ukt 7-9 jt ? Paling rendah 7 jt atau masih bisa sampe 2 jtan? Tolong jwb ka mau daftar polman ni:) makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saya malah cuma 500k, tergantung kemampuan masing2 gmn (sistem ukt)

      Hapus
  24. Mulai ada gambaran lah tentang polman bandung, sukron kasir Jazakillahu Khairan . doain juga Insyallah akhir maret ini test tulis tahap 2 buat masuk polman bandung 😁

    BalasHapus
  25. kak, ada ga mahasiswa sana yang bisa lulus cuma 2,5 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, minimal 3 tahun, tidak ada sistem semester pendek

      Hapus
  26. kak , mau tanya, untuk test skolastik itu kyk gmn aja ya ? apakah ada kisi2 nya ? terimakasih

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Kak emang bener kalo di jurusan mekatronika kebanyakannya cewe?

    BalasHapus
  30. Berkat blog kakak ini, aku jadi salah satu keluarga DE, seneng banget bisa kuli-ah di polman. Bener bener ngerasain the real bertahan bareng bareng. Btw saya koin 7 teh, salam DEB ihihi

    BalasHapus
  31. Kak aku mau tanya, kalau daftar polman bisa di web mana atau ke no tlp mana ya kak? Terimakasih

    BalasHapus
  32. Salam kenal saya lulusan DEB D3KT TPMU tahun 2002-2005. Skrg per tahun wisuda lulusan Polman udah berapa banyak ya?

    BalasHapus
  33. insyallah tahun depan daftar polman,masih cari informasi seputar penerimaan juga lain lain, mohon doa nya kakak alumni juga senior semoga dapat menerus kan kalian hihi

    BalasHapus
  34. ijin ber-tanya dong kak software yang d gunakan teknik itu apa aja ya kak

    BalasHapus
  35. Punten teh mau bertanya kalo jurusan pemeliharaan mesin peluang kerjanya bagaimana.Terimakasih

    BalasHapus
  36. waah apa portofolia TA yabg jatoh kemaren itu yang teteh ya, soalnya ada portofolio TA yang jatuh teh waktu ngebuka jendela lab gambar wkwk

    BalasHapus
  37. punten, kalau boleh tahu sekarang kerja dimana ?

    BalasHapus
  38. Sekarang aku kls 12 dan ingin melanjutkan ke polman mohon do'a nya kakak alumni dan senior smoga bisa mnjadi keluarga d polman aminn

    BalasHapus
  39. inspiratif caritonyo nadiya, semoga tetap konsisten menulis & berkarya , # RHS POLMAN 2011 :)

    BalasHapus
  40. Saia dulu smpet kuliah dipolman
    Trus out karena nilai E
    Mohon doanya ya teman" kakak dan adik 🙏

    BalasHapus